Mengenal Database Server.

Diposkan oleh doctorcode on Monday, April 29, 2013

Disini saya akan membahas dasar-dasar database server. Database secara sederhana bisa kita sebut dengan Gudang data dimana semua data kita tersimpan didalamnya. Secara teori didalam database terkumpul data atau informasi yang kompleks,data-data tersebut tersusun rapi dengan beberapa kelompok tipe data yang sejenis (disebut : Table Database) dimana setiap datanya bisa terhubung satu sama lain dan bisa juga berdiri sendiri,sehingga memudahkan kita untuk mengaksesnya.

Dalam BASIS DATA,kita bisa mengelola database menggunakan program aplikasi basis data seperti : Mysql,Ms.Access,PostgreSQL,SQL Server. Etc.
Sedangkan aplikasi yang bisa membuat dan mengelola database disebut dengan SMDB (Sistem Manajemen Basis Data) atau DBMS (Data Base Manajemen Sistem).
Didalam Basis Data ada dua perbedaan yang sering digunakan,yaitu database yang bersifat Stand Alone dan Database Server.
  • Berikut Penjelasan dua perbedaan Basis Data. 
    • Database Stand Alone (bukan Database Server) aplikasi Database ini hanya berjalan disatu komputer dan hanya mampu diakses oleh satu orang dalam satu waktu. Database (Back End) beserta aplikasinya (Front End) berada dalam satu komputer dan penggunanya mengaksesnya dalam waktu dan tempat yang sama.Biasanya aplikasi database seperti ini digunakan untuk menangani pengelolaan database dan sistem informasi dalam ruang lingkup yang kecil. Aplikasi Database Stand Alone yang sering digunakan adalah Ms.Access, Paradox, dBase, & Foxpro. Sedangkan Program Aplikasinya bebas menggunakan apa saja,seperti : Visual Basic,Delphi,atau C++.
    • Database Server aplikasi ini berbasis Client - Server jadi bisa digunakan oleh banyak user dalam waktu bersamaan maupun berbeda waktu dan dalam tempat yang berbeda. Aplikasi Database Server yang sering digunakan adalah Mysql, MsQl, Sql Server, PostgreSQL, Oracle, Interbase. Etc

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment